Mengatasi Rasa Cemburu


Hmm…emang sedikit dongkol rasanya bila melihat pasangan hidup kita mulai dekat dengan laki-laki/Perempuan lain walaupun itu sebatas teman ataupun rekan kerja apalagi jika memang ada affair..wah emosinya bakal enggak kebendung. Namun itu semua bisa diatasin dengan tenang tanpa harus uring-uringan yang akhirnya enggak ada baiknya.

Cemburu adalah hal yang positif bagi manusia, namun juga bisa menjadi petaka bila enggak bisa ngontrolnya. Rasa cemburu timbul dari rasa khawatir, takut kehilangan seseorang yang sangat disayangi atau juga dalam kasus lain timbul karena ada rasa yakin orang lain jauh lebih baik dari kita. Kecemburuan yang tinggi dan cenderung cemburu buta dapat merusak hubungan pernikahan, persahabatan, dan hubungan romantis Anda. Dan tentunya Anda tidak mau ini terjadi dalam kehidupan Anda.

Ada beberapa cara untuk mengontrol atau mengatasi cemburu, yaitu:
Pertama akuilah terlebih dahulu pada diri Anda bahwa Anda memang sedang cemburu. Dengan hal itu, Anda dapat mulai mengatasi perasaan secara tenang dan lebih jernih.

Kedua ajaklah pasangan Anda untuk sekedar ngobrol dan secara tersirat coba Anda selidiki tentang siapa yang sedang dekat dengan dia. Lakukan ini dengan pembicaraan yang santai dan penuh dengan suasana yang nyaman dan lebih bagus lagi dengan pembicaraan yang menyenangkan tanpa ada emosi dan penuh raut muka senyum. Sungguh komunikasi Sangat perlu dilakukan untuk tidak terjadi kesalah pahaman dan merupakan jalan utama dalam mengatasi masalah apapun.

Ketiga berusahalah untuk tidak berpikir negatif terlebih dahulu karena itu akan menjajah perasaan Anda dan membuat Anda tidak tenang. Usahakan Logika itu seimbang dengan emosi. Dan tanyakan hati nurani Anda apa yang harus dilakukan. Sungguh hati nurani selalu menuntun Anda kejalan yang tepat. Dan jikalau memang membawa Anda kedalam jalan yang buruk, itu bukanlah suara hati nurani melainkan bisikan setan karena sejatinya hati nurani dilahirkan membawa sifat-sifat tuhan yang fitrah.

Keempat sebagai tambahan, sebelum Anda menjalin hubungan dengan pasangan hidup Anda, biasakanlah antara Anda berdua untuk Saling PERCAYA dan ini memang dilakukan dengan penuh tanggung jawab karena hal ini akan membuat Anda tidak perlu khawatir tentangnya. Selain itu, bangunlah hubungan Anda dengan Saling TERBUKA dalam arti apapun hal yang menyangkut tentang hubungan Anda, ceritakanlah dengan pasangan Anda, baik tentang orang yang sedang menjadi rekan kerja Anda ataupun tentang seseorang yang berusaha untuk menjalin affair dengan Anda. Jadikan teman curhat, baik Anda terhadap dia ataupun dia terhadap Anda. Selain itu Juga, KOMUNIKASI harus tetap dijaga. Ngobrol, Say Hello, memberikan perhatian yang lebih, dan lakukan hal-hal yang romantis, seperti candle light Dinner bersama, nonton bareng. Di waktu weekend, ajaklah dia jalan-jalan untuk sekedar refressing dan lebih mendekatkan diri. Dan yang terakhir, jaga KESETIAN antara Anda berdua. Jika itu semua telah Anda berdua terapkan, kedepan Anda tidak akan mendapatkan masalah yang berlarut-larut ataupun cemburu buta yang dapat menghancurkan hubungan Anda.

1 Comment

  1. kesemua x sudah di lakukan … bahakn lebih dari itu trik-trik nya ….. yang menadi kendala sekarang, diri ini yang belum bisa menerima posisinya, aku tak kuasa bila ia bercengkram dengan lawan jenis, sekalipun qu tahu itu berada dalam jalur yang wajar …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s