Kiat Meraih Kebahagiaan


Kiat Meraih Kebahagiaan

Ada banyak orang yang tak bisa meraih kebahagian. Mereka sudah mencoba dengan berbagai cara. Namun tetap hampa yang terasa. Kekosongan terus mengrongrong dalam jiwa dan kehidupanya. Dan akhirnya, banyak orang yang mengalami depresi hingga memungkinkan bunuh diri. Kenapa ini terjadi? pertanyaan yang sangat mungkin susah diartikan bagi orang yang tidak melihatnya dengan mata hati dan hanya mencarinya melalui hawa nafsu dan pikiran yang tertutup akan sejatinya manusia diciptakan. Pada dasarnya manusia dilahirkan dengan fitrah yang bersih dan memiliki sisi sifat tuhan yang nanti jika mereka mengembangkannya akan membawa sisi damai dalam hati dan kesejukan yang benar-benar nyata. Sedikit saya memberikan suatu penjelasan yang pasti sangat masuk akal dan benar adanya kenapa Allah SWT bisa begitu sempurna dan Maha dari segala maha. Allah bisa begitu sempurna karena Allah memiliki 99 sifat yang benar-benar menyatu pada dirinya. Nah kalau kita bisa membaca dari itu, kitapun bisa sedikit baik dengan mencontoh sifat-sifat Allah misalnya sifat pengasih, penyayang, bijaksana, pemberi cinta, dan sifat-sifat lainnya. Sudah tentu jika kita bisa mengaplikasikannya, kebahagiaan dengan sangat mudah didapat.

Baiklah, kalau itu tadi merupakan salah satu titik tumpuh dasar kebahagian umat islam dengan berpedoman pada sifat Allah, sekarang saya akan mencoba memberikan beberapa tips yang diteliti oleh Pakar Psikologis Amerika yang bernama D. Dikes. Ia mengatakan bahwa kehidupan yang bahagia adalah seni yang indah. Ia mempunyai sepuluh poin sasaran, yaitu:
1. Biasakanlah diri Anda melakukan pekerjaan yang Anda sukai. Jika pekerjaan itu mudah Anda lakukan, isilah waktu-waktu senggang Anda untuk menyalurkan hobi yang paling Anda sukai, kemudian dalamilah ia.

2. Perhatikan kesehatan fisik, karena sesungguhnya kesehatan fisik adalah jiwa kebahagiaan, yaitu dengan mengatur pola makan dan minum tanpa berlebihan, membiasakan olahraga, dan menjauhi kebiasaan buruk merugikan.

3. Hendaklah Anda mempunyai sasaran dalam hidup Anda, karena sesungguhnya hal tersebut akan membangkitkan gairah dan semangat Anda.
4. Jalani hidup menurut apa adanya dan terima segala sesuatunya, baik yang manis maupun yang pahit, dengan hati yang lapang.

5. Hayati hidup yang sedang dijalani; jangan menyesali hal yang sudah berlalu; dan jangan pula memusingkan hari esok yang belum tiba.
6. Gunakanlah pikiran Anda sebelum melakukan pekerjaan apa pun atau keputusan apa pun, agar kelak tidak mencela orang lain atas keputusan Anda dan apa yang bakal Anda peroleh nanti.

7. Senantiasalah memandang orang yang ada dibawah Anda.
8. Biasakanlah diri Anda untuk murah senyum, berjiwa periang, dan berteman dengan orang-orang yang optimis.

9. Hendaklah Anda berbuat untuk membahagiakan orang lain agar memperoleh harumnya kebahagiaan.

10. Pergunakanlah berbagai kesempatan yang cerah lagi indah dan anggaplah itu sebagai terminal keharusan bagi kebahagiaan.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s