Mengubah Stres Menjadi Energi yang Bermanfaat


Mengubah stress menjadi energi yang bermanfaat

Terdengar sungguh aneh jika stress bisa menjadi energi yang bermanfaat, namun ini benar adanya. Begitu banyak masalah yang mungkin membuat anda sedikit stress,
tapi kebanyakan orang melihatnya sebuah derita dan tak mau melihatnya dengan positif. Jadi dimanakah segi bermanfaatnya? baiklah sekarang saya akan mencoba untuk menjelaskan tentang mafaat dari sebuah stress. Coba anda perhatikan, ketika anda dipecat dari pekerjaan, ini mungkin sangatlah menyakitkan, namun seandainya anda bisa melihatnya dari segi positif, bukankah ini merupakan peluang anda untuk menjadi lebih baik. Anda bisa menjadikannya suatu energi positif yang akan memotivasi anda untuk menciptakan suatu ide yang mana mungkin selama ini tidak pernah anda cetuskan dikarenakan aktivitas pekerjaan yang membuat anda tidak mempunyai sedikit waktu untuk merealisasikan ide anda itu yang mungkin sangat cemerlang. Anda akan merasa beruntung bila anda bisa melihat peluang tersebut dan itu bisa didapat oleh semua orang seandainya mereka dapat melihatnya dengan positif tanpa andanya suatu keputus asaan akibat masalah itu.
Contoh mereka yang menganggap kehilangan pekerjaan menjadi motivasi yang luar biasa dan menjadikannya profit baginya seperti Pengusaha mie tebet dan mie langgar yang ada dijakarta, Wahyu Saidi, awalnya ia seorang manajer sebuah perusahaan property, namun dikarenakan suatu masalah, ia kehilangan pekerjaannya, dan menjadikanya seorang pengangguran. Namun ia tak mau status itu menjajahnya dan mengubahnya menjadi suatu motivasi untuk menciptakan sebuah ide pekerjaan yang sangat cemerlang. Berawal dari yang ada, ia membuat usaha restoran kecil-kecilan yang menyediakan masakan ikan patin. Setelah beberapa lama, ia tersadar bahwa usaha ia tersebut kurang begitu menguntungkan, dan ia memutar otaknya kembali untuk membuat usaha, dan akhirnya ia mendapatkan ide membuat usaha restoran mie tebet dan mei langgar. Agar usahanya berhasil, ia mencari ide untuk membuat product nya berbeda dengan yang lain dan memiliki ciri khas. Dan akhirnya sekarang usahanya memiliki cabang yang banyak, tersebar di berbagai wilayah dan bahkan mancanegara.
Nah inilah salah satu bukti mengubah suatu stress menjadi bermanfaat dengan selalu menganggap masalah itu positif dan membuatnya menjadi motivasi yang sangat luar biasa. Kunci satu ketika anda berpikir positif, semua dapat dibaca secara positif, dan dunia mendukung anda.
Berikut ada beberapa tips untuk mengubah stres menjadi bermanfaat seperti yang dikatakan Dr. Don R. Powell, Ph.D:
1. Cobalah untuk tidak menganggap kemunduran merupakan kekalahan, jadikan itu motivasi anda untuk lebih maju.
2. Pandanglah stress sebagai pembangkit semangat. Anggaplah setiap tuntunan baru merupakan tantangan, tak peduli berapa banyak rintangan yang akan menghadang.
3. Selalu tanyakan pada diri anda “Hal terbaik apa yang mungkin terjadi? bukan sebaliknya.
4. Berhentilah sejenak untuk beristirahat diantara pertempuran kecil anda. Istirahatlah untuk mengumpulkan motivasi dan ide yang sudah terkuras dalam pertempuran itu.
5. Kuasailah diri anda dengan sebenar-benarnya,
6. senangkanlah orang lain secara proposional dan terlebih dahulu buatlah anda merasa senang dulu.
7. Berpikirlah secara global, bangunlah visi dan misi tujuan anda, dan jadikan itu sebagai prinsip dasar anda dalam meraih tujuan tersebut. Dan jika ada kealahan lacak kembali dimana kesalahan tersebut dan coba kembali melihat prinsip dasar anda.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s