Perluasan Pemasaran Produksi Pertanian Melalui Media Internet

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperluas pemasaran produksi pertanian salah satunya melalui media internet. Dibeberapa Negara maju, sudah banyak petani-petani mampu meningkatkan penjualannya dengan memasarkan produksinya melalui internet, misalnya Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan beberapa Negara maju lainnya. Mereka dapat memantau pemasaran produknya melalui website yang dibuat khusus olehnya sebagai toko virtual di dunia maya sebagai tempat proses jual beli. Di toko virtual itu, mereka dapat dengan gampang menjajakan produknya ke masyarakat dunia dan ini bisa dilakukan dirumahnya sendiri dengan hanya satu komputer yang terkoneksi internet. Proses pembayaranpun sangat mudah dilakukan, Jika mau membeli, konsumen hanya perlu mentransfer uangnya ke rekening mereka, kemudian tinggal menunggu kiriman produk yang ia beli datang. Sungguh praktis dan tidak memerlukan biaya yang besar.
Untuk memulai memasarkan produksi pertanian melalui internet, ada beberapa cara yang biasa dilakukan oleh para petani modern di Negara maju, yaitu:
1. Melalui Website
Dalam pemasaran produksi pertaniannya, mereka biasanya memiliki website mereka sendiri sebagai tempat memperkenalkan dan memperjualkan produknya ke masyarakat banyak. Di website, mereka memberikan daftar produk pertanianya disertakan foto dan informasinya. Dan jika ada para komsumen yang akan membeli produknya, disana disediakan tombol yang menyatakan pembelian dan biasanya terletak dikolom tempat penjelasan produk pertaniannya itu.
2. Melalui Weblog
Jalan kerja weblog itu hampir sama dengan website. Bedanya, jika pembuatan website memerlukan uang untuk biaya web hosting, weblog tidak memerlukan biaya sepeserpun alias gratis kecuali bayar biaya internet. Ada beberapa website menyediakan tempat pembuatan weblog, seperti www.blogger.com, www.wordpress.com, www.tripod.com, www.blogsome.com. Untuk membuatnya, biasanya di website-website tersebut memiliki panduan membuatnya. Dan

weblog telah jadi, tinggal mengisinya tentang informasi produk-produk pertanian yang akan dijual, dan jangan lupa memberi tahukan kontak yang bisa dihubungi, seperti nomor telepon, alamat rumah, alamat email.
3. Melalui Email
Untuk melakukan pemasaran melalui email, biasanya mereka terlebih dahulu telah memiliki website atau weblog. Dan kemudian mempromosikannya melalui email berisikan undangan atau ajakan kepada alamat email yang mereka kirim serta tidak lupa mencantumkan link website atau weblog mereka sehingga para penerima email bisa langsung log in ke website mereka untuk membaca tentang produk pertanian yang mereka jual dengan tujuan, penerima email akan tertarik dan membeli produknya.
4. Melalui Jasa Pelelangan di Internet
Mereka terkadang memasarkan produk pertaniannya melalui website yang menyediakan jasa pelelangan seperti www.ebay.com.
Diatas merupakan beberapa dari berbagai macam cara yang sering dilakukan para petani modern di Negara maju untuk memasarkan produk pertaniannya melalui internet. Adapun manfaat yang mereka dapatkan, seperti:

  1. Pemasaran dapat diperluas kedunia dan dapat dijangkau oleh masyarakat luas.
  2. Dapat dipantau dari rumah dengan satu Komputer yang tersambung internet dan satu telepon sebagai alat komunikasi tambahan selain Email.
  3. Biaya yang dikeluarkan relatif murah dibandingkan hasil yang didapat dengan produk pertanian bisa diakses oleh masyarakat luas kapanpun dan dimanapun.
  4. Pekerja yang dibutuhkan sedikit bahkan bisa dilakukan oleh satu orang saja.
  5. Selain melakukan pemasaran, para tani juga bisa mendapatkan teknologi-teknologi dan kabar-kabar tebaru tentang dunia pertanian yang akan menambah pengetahuan para petani. Ini sangat berguna untuk memajukan usahanya.
  6. Mempermudah para petani mendapatkan partner dari pengusaha baik domistik ataupun non domistik untuk berkerjasama memasarkan produk pertaniannya.

Tidak heran jika para petani disana dapat memajukan usaha pertaniannya dan rata-rata dari mereka hidup mandiri dan jauh dari kemiskinan. Tidak hanya melakukan pemasaran secara offline atau lebih gampangnya tidak melalui internet, mereka mampu mengoptimalkan pemasarannya melalui internet sehingga produknya bisa dikenal oleh banyak orang tanpa dibatasi daerah, Negara, bahkan benua.
Melihat dari banyaknya manfaat-manfaat yang akan didapatkan para petani lokal dalam meningkatkan penjualan produksi pertanian, sepertinya sudah saatnya teknik pemasaran ini diterapkan kepada para petani di Indonesia khususnya di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, yang mana pada kenyataannya hanya memasarkan produksi pertaniannya secara offline. Pemerintah Daerah bisa berkerjasama dengan departemen bersangkutan atau LSM-LSM untuk mengadakan sosialisasi dan pendidikan serta pelatihan kepada para petani lokal tentang pemasaran melalui internet serta pengetahuan dasarnya dan cara kerjanya.
Jika ini berhasil diterapkan, bukan hanya para petani akan diuntungkan, pemerintah daerah bahkan Negara Indonesiapun akan terbantu. Pengoptimalan pemasaran melalui internet akan memungkinkan usaha pertanian Indonesia akan maju dan tingkat kemiskinan masyarakat dapat ditekan. Dan bukan hanya dalam segi pemasaran saja yang bisa dilakukan di internet, para petanipun bisa mengembangkan usaha lain, seperti berkerjasama dengan google untuk meletakkan iklan dari patner google ke website mereka dengan imbalan, jika ada yang menge-klik iklan itu dari website mereka, mereka akan mendapatkan uang atau istilanya pay per click, menyediakan tempat di website bagi mereka yang ingin mengiklankan produknya dengan pembayaran telah ditentukan sebelumnya, dan usaha-usaha lainnya yang begitu banyak yang ditawarkan di dunia maya.


Palembang. Tulisan sebagai syarat untuk ikut pelatihan Jurnalis di Hotel Pangeran Beach, Padang, 18/21 April 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s