Marketing: Memasarkan Produk sekaligus Menambah Relasi Bisnis Baru melalui ATM-ATM

brosur Kemtuhom1 copyHmm…Ini pengalaman saya berapa waktu yang lalu dan kayaknya patut untuk diceritain ama temen-temen blogger sekedar berbagi ide dalam pemasaran. Sebagai cara saya untuk memperluas jaringan relasi dan juga melampiasin hobi mengajar sekaligus menambah pemasukan, saya membentuk lembaga kursus private komputer dengan sasaran sih untuk pasar anak-anak SD atau SMP. Alasan kenapa membuka kursus private, karena saya ingin membuka usaha dengan hanya bermodalkan skill yang bagus dan budget yang rendah, paling hanya untuk ongkos transportasi dan cetak brosur, selebihnya untuk modul misalnya, saya sediakan E Book buat mereka belajar. Ditambah lagi, saya bisa lebih konsentrasi mengajar karena hanya 1 atau 2 orang yang diajar setiap kelasnya. selain itu yang paling penting, saya bisa langsung berinteraksi dengan orangtuanya setiap pertemuan dan ini memungkinkan terciptanya hubungan baik yang bisa jadi menambah jaringan relasi bisnis.

Oke singkat cerita, ketika semua telah fix, saatnya memasarkan produk. Kali ini, saya sengaja gak banyak pake cara pemasaran karena saya ingin menemukan cara yang jitu untuk memasarkan produk tepat sasaran tanpa harus keluar banyak tenaga dan budget. Akhirnya saya menemukan cara yang menurut saya layak dicoba yaitu menyebarkan brosur di ATM-ATM bank. Pemikiran saya, orang-orang pergi ke ATM rata-rata orang menengah ke Atas dan tidak sedikit yang datang adalah orang-orang yang memiliki jabatan ditempat kerjanya dan telah memiliki anak yang masih duduk dibangku SD atau SMP. Atas dasar itulah, saya mulai nyebarin brosur produk ke ATM-ATM terdekat yang intensitas pengunjungnya cukup banyak.

Setelah berapa hari nyebarin brosur, akhirnya cara ini mendapatkan feedback dari masyarakat. Ada yang menelpon untuk tanya-tanya tentang produk yang saya pasarkan dan mengundang untuk datang kerumahnya. Pada waktu yang telah dijanjikan, saya dateng ke rumah bapak itu. Kemudia mulai pembicaraan dari tentang produk saya sampai mengenai yang lain. Dan sungguh luar biasa, produk yang saya tawarkan diterima oleh bapak itu dan yang lebih luar biasanya lagi, bapak itu adalah seorang kepala Cabang Bank Pemerintah. Ini sangat membahagiakan buat saya, selain saya dapat menyalurkan hobi mengajar sekaligus menambah pemasukan, juga saya mendapatkan relasi baru yang kedepan dapan bermanfaat dengan usaha-usaha yang sedang saya kembangkan, kebetulan juga sekarang saya lagi merintis usaha Desain Grafis.

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s