E Commerce: Pemberian Experience Taste Kepada Pelanggan di Bisnis Online

Oke menanggapi komentar salah satu pembaca blog di artikel Teknik Marketing dengan Pemberian Experience Taste Pada Kostumer. Jadi kepikiran untuk membuat artikel mengenai experience taste untuk e commerce.

Menurut pemahaman saya mengenai e commerce, experience taste dapat saya bagi menjadi 2 yaitu experience taste terlihat dan tak terlihat. Experience taste terlihat bisa dilakukan dengan cara desain web yang menarik, navigasi yang mudah, dan menu-menu lainnya yang mempermudah. Untuk experience taste tak terlihat adalah building trust. Trust itu sangat penting untuk keberhasilan website kita. Karena sekali pembeli melakukan pembelian di website kita dan kita mampu menjaga kepercayaan mereka, dia akan enjot untuk kembali lagi. Itulah experience taste. Lalu bagaimana membangun trust, berikut beberapa poin yang harus dilakukan:
1. jelasakan cara transaksi kepada pembeli, dari awal pemesanan sampai barang diterima. Hal ini perlu dilakukan agar pembeli tahu bagaimana membeli produk di website kita.

2. Pelayanan cepat dan pengiriman barang cepat. Jika ada kendala saat mengirim barang, segera infokan kepada pelanggan mengenai status barangnya. Jangan buat mereka merasa tanda tanya mengenai barangnya.

3. Jika uang yang ditransfer oleh pembeli itu lebih, segera beri tahu dia bahwa uangnya lebih dan akan di transfer kembali ke dia.

4. Berikan layanan after sale yang baik. Jika barang tidak sesuai dengan kesepakatan maka dia bisa meretur barang untuk diganti.

5. Tampilkan halaman testimoni dari pembeli dan tampilkan juga gambar -gambar bukti pengiriman.

6. Dihalaman tentang, buat profil lengkap usaha dan pemiliknya. Usahakan foto kita tampil disitu beserta alamat rumah, facebook, twitter, email, dan nomor telepon. Ini dilakukan agar pembeli percaya dan tahu siapa yang ngejalankan usaha itu.

7. Usahakan website kita tersebar luas diinternet dan muncul dihalaman pertama di website pencari seperti google

8. Permudahlah cara pembelian, jangan rumit-rumit.

9. Pada waktu tertentu, berilah souvenir kepada pelanggan yang membeli.

9. dan banyak lagi yang lainnya yang bisa dilakukan untuk memberikan  pelayanan terbaik  buat pelanggan.

Hal diatas merupakan beberapa pemahaman saya mengenai e commerce yang mungkin dapat membantu teman-teman lainnya yang ingin membuka usaha online atau sedang berkembang. Kalau ada masukkan, silahkan tambahin di komentar. Sapa tau nanti pembaca-pembaca lainnya dapat banyak mengetahui bagaimana ber e commerce ria.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s