E Commerce: Tips Berbisnis Online di Facebook

Jika anda membuka toko online di facebook dan ingin mendapatkan pembeli disana, banyak hal yang bisa dilakukan untuk pembeli percaya dengan apa yang anda jual. Kali ini saya akan berbagi pengalaman buat kalian semua bagaimana cara menjual produk laku di facebook.

Agar mudah dipahami, saya akan mejelaskannya satu persatu namun poin pertama bukanlah menjadi acuan bahwa dia harus dilakukan terlebih dahulu.

  1. Buatlah akun facebook atau fan page selengkap mungkin. Jangan ada yang disebunyikan mengenai identitas dan data-data lainnya di profil. Jangan lupa pula akun facebook anda dan akun facebook atau fan page terhubung satu sama lain sehingga nantinya pembeli dapat mengetahui siapa yang menjalankan usaha tersebut. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan pembeli akan usaha anda.
  2. Upload foto-foto produk dengan lengkap. Usaha kan detail produk ditulis beserta harga.
  3. Tulis di bagian profile anda bagaimana cara bertransaksi dari pemesanan sampai barang terima
  4. Jika telah memiliki beberapa penjualan, upload bukti pembayaran ke album, ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat
  5. Dalam pencarian teman, usahakan mencari teman dari akun-akun facebook lainnya yang menjalankan usaha sejenis. Tapi bukan seluruh teman yang ada disana, namun teman mereka yang memberi komentar ketertarikan dengan produk yang di jual. Ini baik dilakukan agar teman yang anda dapat lebih targeted.
  6. Untuk promosi usahakan mengirim pesan one by one agar lebih personal. Jelaskan jenis produk yang anda jual dan lampirkan foto produk yang anda jual. Janga lupa untuk mengundang mereka ke akun facebook usaha anda untuk melihat produk lainnya.
  7. Setiap teman baru telah mengkonfirmasi undangan pertemanan anda, usahakan ucapakan rasa terima kasih di wall mereka dan undang mereka untuk melihat produk yang anda jual.
  8.  Untuk tag foto, jangan pernah meng-tag foto produk kea kun facebook mereka tanpa izin terlebih dahulu. Ini dilakukan karena, banyak pengguna facebook tidak menyukai wall mereka dipenuhin oleh iklan-iklan produk dan mereka menganggap ini sebagai spam sehingga bukannya mendapatkan respon baik mengenai usaha anda, malah menjadi antipasti.
  9. Setiap pengguna lain memberikan komentar kepada salah satu produk, usahakan jawab secepat dan sejujur mungkin.
  10. Setiap teman mengajak chatting, respon dengan cepat menjawabnya. Dan kalau bisa, ajaklah mereka berbicara sesantai mungkin ibarat anda sendang berbicara bersama teman karib. Jangan selalu bisnis yang dibicarakan, luangkan untuk membecirakan mengenai hal-hal yang menyenangkan dan mereka senang melakukannya.
  11. Ketika pembeli telah mentransfer uang pembayaran, usahakan untuk uang yang mereka kirim itu sudah pas dengan biaya pembelian produk dan ongkos kirim. Jika lebih, segera hubungi mereka bahwa uangnya lebih. Tawarkan kemereka untuk mentransfer kembali uangnya atau mendepositkan uangnya jika mau membeli produk kembali.
  12. Berikan pelayanan terbaik dari anda . Kesukses penjualan pertama dengan salah satu pelanggan adalah barometer kesuksesan anda selanjuatnya. Kesan pertama sangat berpengaruh untuk keberhasilan penjualan-penjualan selanjutnya. Jaga kepercayaan mereka.
  13. Usahakan untuk membuat website. Ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat bahwa kita memang serius menjalankan usaha ini.

Nah itu tadi adalah beberapa poin yang bisa menjadi acuan dalam  menjalankan usaha secara online di facebook. Semoga bisa bermanfaat dan jika ada masukkan, silahkan berkomentar dibawah ini.

Oh ya sebagai informasi, sebenarnya menjadikan akun untuk tempat usaha tidak begitu diizinkan oleh facebook karena facebook telah memberikan layanan untuk usaha yaitu dinamakan fan page. Jadi kalau bisa, usahakan membuka usaha di fan page. Namun kalau telah terlanjur di akun facebook, yang tidak apa-apa, lanjutin saja. Tapi ingat resikonya, jangan sedih kalau suatu waktu nanti akunnya di blokir oleh facebook.

4 Comments

  1. Terima kasih infonya… Kebetulan saya baru memulai bisnis OL shop hari ini 🙂 Bisa dijadikan media pembelajaran nih infonya 🙂 Thx..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s