Search Engine Optimization: Pentingnya Search Engine Submission

search engine submissionWell, udah hampir 1 minggu gak blogging, rasanya ada yang kurang pas. Inginnya sih 1 hari 1 posting, jadi setiap harinya bisa diukur sudah sampai mana saya belajar. Sebenarnya, setiap hari memang selalu belajar, tapi untuk menulis terkadang sangat susah (Hmm.. kayaknya memang harus dipaksa buat nulis).

Oke stop curhatnya, fokus ke posting sekarang. Kali ini saya coba untuk berbagi ilmu tentang Search Engine Submission. Mungkin untuk sebagian orang yang udah belajar mengenai SEO telah mengetahui tentang istilah yang search engine submission, tapi bagi pemula (Seperti saya ini) perlu pejelasan lagi mengenai search engine submission, biar nanti lancar jalan kedepannya.

Search engine submission adalah upaya pemilik website mengenalkan atau mendaftarkan websitenya ke search engine website(Website mesin pencari) seperti google, yahoo,bing, dan lainnya agar websitenya terindex. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk meningkatkan jumlah visitor website. Kenapa ini penting dilakukan dalam melakukan Search Engine Optimization? karena ini merupakan tahap awal yang harus dilakukan untuk menyukseskan SEO.

Ada 2 cari yang bisa dilakukan dalam melakukan Search Engine Submission, yaitu secara otomatis dan secara manual. Nah, yang dimaksud otomatis adalah mensubmit website kita melalui suatu aplikasi (Baik itu aplikasi desktop maupun web app) ke banyak search engine. Jadi ketika menggunakan aplikasi tersebut, sekali kita submit, maka aplikasi tersebut dapat mendaftakan website kita ke banyak website mesin pencari, sangat praktis bukan?. Namun, kelemahnnya, tidak semua aplikasi dapat mensubmit website dengan berhasil, terkadang mereka gagal melakukannya dan sering kali juga kita tidak bisa mengetahui kepastian apakah website yang kita submit dapat benar-benar tersubmit. Untuk hal ini,kita harus benar-benar mengetahui ke-efektifan aplikasi itu dalam mensubmit website ke search engine. Nah biar tidak ragu-ragu, saya lebih menyarankan untuk menggunakan teknik kedua , yaitu secara manual. Memang sedikit ribet karena kita harus melakukannya satu persatu, namun lebih efektif dibanding secara otomatis. 

Search Engine Submission secara manual adalah kita mensubmit website kita secara manual ke setiap search engine. Jadi ketika kita mau mendaftarkan website ke google, kita harus masuk ke halaman add  url punyanya google. Dan ini berlaku dengan search engine lainnya. Berikut adalah beberapa link untuk mendaftakan website kita ke search engine:

Google: http://www.google.com/addurl

Yahoo: http://siteexplorer.search.yahoo.com/au/free/request

Bing: http://www.bing.com/webmaster/submitsitepage.aspx

jayde: http://search.jayde.com/cgi-bin/submit.cgi

Altavista: sama dengan yahoo

AOL: sama dengan google

Well, di atas merupakan beberapa link yang bisa kalian gunakan dalam mensubmit website. Nah untuk yang lain, kalian bisa cari sendiri di google atau lainnya. Seperti biasa, kalau kalian ada masukkan mengenai posting ini, silahkan beri komentar, biar nanti kita bisa saling belajar.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s