Online Campaign, a virus in Marketing

Online Campaign

Yeess…. i got it. Entry yang semalem ditulis udah nangkring di halaman 1 google untuk pencarian keyword “Online Campaign“. Cukup mengagetkan karena baru semalem saya menulis mengenai online campaign, itupun tidak langsung membahas mengenainya tapi menjelaskan tentang apa itu RSS . Ya sudah, karena om google telah mempercayakan saya sebagai rujukan pembaca mengenai online campaign, dosa rasanya kalau tidak belajar mengenai online campaign.

Menurut pemahaman saya dan om wikiped, Online campaign adalah upaya untuk mendapatkan pencapaian dukungan dan persetujuan terhadap sesuatu yang menjadi tujuan melalui media internet. Simplenya, kampanye promosi secara online. Ada banyak alasan orang melakukan  online campaign, ada untuk keperluan politik, bisnis, sosial, dan lain-lainnya. Dan kenapa orang beralih ke online campaign, karena pada saat ini, tingkat pengaruh dan pengguna internet sangat tinggi. Bisa dikatakan, 1 dari 3 penduduk di Indonesia (masih estimasi saya.. 🙂 ) pasti online tiap harinya. Ada yang baca berita, Update status facebook, tweet mention di twitter, check in di foursquare, dan banyak lagi aktifitas lainnya. Didukung dengan semakin majunya teknologi mobile dan provider komunikasi, ini membuat penetrasi penggunaan internet semakin merajalela. Dari anak kecil sampai aki-aki bisa berinternet ria dimanapun kapanpun selama masih ada sinyal telekomunikasi.

Bisa dikatakan, Online di Internet lebih menarik dari pada nonton TV atau baca koran harian. Karena itu, banyak pengusahaa informasi segera mentransformasikan usahanya ke dunia internet. Misalnya, harian Kompas membuka kompas.com, Harian Bisnis Indonesia membuka bisnis.com, dan lain-lain. Bukan itu saja, untuk menggarap pasar online, harian kompas bukan sekedar menerbitkan websitenya, juga menerbitkan koran kompas versi e paper sehingga pembaca dapat berlangganan harian koran kompas secara online.

Masih ingat kasus Prita VS RS Omni? iya, semua orang pasti tahu karena pernah mengegerkan indonesia (Bisa saya katakan begitu). Dengan Online Campaign yang dilakukan simpatisan prita, dia mendapat banyak dukungan dari masyarakat internet dan juga sumbangan hingga 1 milyar untuk membantunya menghadapi tuntutan RS Omni. Hingga akhirnya RS Omni harus menanggung banyak kerugian atas citra baik perusahaannya.

Melihat besarnya pengaruh internet terhadap masyarakat, banyak perusahaan berbondong-bondong mengatur strategi online campaign untuk meraih masyarkat internet. Mendesain website untuk keperluan campaign, mengatur strategy internet marketing, dari SEO sampai Social Media Marketing dan lainnya untuk dapat menciptakan efek buzz / Word Of Mouth terhadap produk yang dipromosikan. Tujuannya apalagi kalau tidak untuk mendapatkan  partisipan/visitor sebanyak-banyaknya dan dikonversi kedalam bentuk profit perusahaan.

Berkampanye di media online sangat mempesona bagi siapa saja yang akan mempromosikan sesuatu. Online Campaign memiliki daya pikat yang tinggi yang tak boleh terlewatkan oleh perusahaan yang menginginkan keberadaaanya dapat tersebar luas dengan cepat dan mudah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s