Membangun Usaha Online Itu Mudah (Studi Kasus Toko Jilbab Online)

https://mirfagah.files.wordpress.com/2013/03/tips-membangun-usaha-toko-muslimah.jpgKata siapa membangun usaha itu sulit.  Kamu hanya butuh suatu ide dan eksekusi saja. Sekarang itu memulai usaha tidak harus merogoh modal yang besar, kamu cuma dituntuk kreatif saja. Apalagi sekarang jamannya online, tentu semakin mudah menjalankannya. Hanya memanfaatkan Internet dan Handphone (Gak harus BB atau Smartphone, yang penting bisa sms dan telpon) kamu sudah bisa memulai usaha.

Sekarang mari kita perumpamakan ingin membangun usaha toko jilbab. Tahap pertama yang kamu harus lakukan adalah mencari tahu sekarang itu tren jilbab itu bagaimana, model dan bahan yang bagaimana yang lagi populer. Ini mudah sekali dicari, manfaatkan social media, masuk ke komunitas-komunitas hijabers yang notabene menjadi trendsetter gaya muslimah. Selain itu juga, coba amati di mall-mall, lihat mereka yang menggunakan jilbab, rata-rata menggunakan model jilbab apa dan cara memasangnya bagaimana. Jika kamu telah mendapatkan banyak informasi, dengan otomatis kamu sudah tahu harus bagaimana, ide-ide bermunculan, itu sangat pasti.

mencari grosir jilbab

Nah, selanjutnya kamu harus mencari dimana bisa mendapatkan produk jilbab tersebut. Ya, mungkin kamu harus keliling-keliling dari pasar satu ke pasar lainnya hingga kamu mendapatkan harga yang menarik dengan bahan yang bagus. Jika telah menemukannya, lakukan pendekatan secara personal terhadap pemilik usaha jilbab tersebut. Biasanya kalau saya akan sedikit melakukan presentasi secara lisan bahwa saya sedang mau menjalankan usaha online, dan saya tertarik untuk menjadi pemasar produk dari toko tersebut. Jika pemilik toko tertarik, biasanya akan mempersilahkan kita untuk ambil-ambil foto agar nanti bisa kita tampilkan di media online tempat kita menjual. Nah jika dia kurang tertarik ya jangan menyerah, lakukan teknik kedua. Memang sih harus sedikit berkorban, yaitu membeli beberapa sampel jilbab dan kamu targetin setiap minggu kamu akan datang lagi ke toko tersebut untuk membeli jilbab pesenan. Semakin sering kamu kesana akan semakin dekat kamu dengan pemilik toko dan cepat atau lambat dia akan luluh juga dengan sangat welcome berkerjasama dengan kamu.

Tahap selanjutnya adalah putuskan media online apa yang ingin kamu gunakan. Karena kamu memulainya dengan modal pas-pasan, 3 media utama yang bisa kamu gunakan, yaitu facebook/twitter, blog, dan email.

Jualan jilbab di facebookOke, saya mulai dengan penggunaan Facebook. Sebenarnya cara yang efektif dalam menggunakan Facebook adalah membuat akunnya (untuk tahap awal) karena dengan memiliki akun facebook, kamu bisa memilih sendiri target pasar kamu dengan meng-add orang-orang yang kamu anggap merupakan prospek yang tepat. Ini pernah saya lakukan ketika saya mengembangkan usaha payung (ini facebooknya Payungkita. Waktu itu, setelah foto telah diupload berikut deskripsinya, tahap selanjutnya adalah saya mencari semua penjual payung di Facebook. Kemudian lihat orang-orang yang berkomentar di foto-foto produk payung yang dijual disana dan lakukan ADD Friend. Pikiran saya mereka yang mau berkomentar adalah orang yang tertarik terhadap payung, mangkanya saya ADD Friend karena tepat sasaran. Ketika dia menerima pertemanan saya, selanjutnya saya kirim ucapan “terima kasih telah menjadi sahabat kami, jika tertarik dengan payung, monggo mampir-mampir di payungkita”, ya kurang lebih seperti itu. Teknik ini cukup ampuh, buktinya setelah beberapa hari launching, pesanan berdatangan hingga akhirnya 1 bulan kemudian saya mengembangkan websitenya. Nah ini saya pikir patut dicoba bagi kamu yang ingin memulai usaha jilbab dari Facebook. Jika akun facebook sudah mantap dijadikan media jualan, selanjutnya kamu bisa giring mereka ke Facebook Fan Page yang telah kamu buat.  Baca juga artikel saya sebelumnya mengenai Tips berbisnis online di Facebook.

Selanjutnya, media yang bisa kamu gunakan adalah blog.  Kamu bisa menggunakan blogspot untuk memulai usaha. Cukup berbeda

Blog Dian Pelangi
http://dianrainbow.blogspot.com/

dengan Facebook, disini saya anjurkan membuat tips-tips menggunakan jilbab dan juga foto-foto kamu sendiri (jika kamu pede) sebagai model dari jilbab tersebut. Mungkin kamu tidak perlu panjang lebar dalam menulis, cukup dengan hanya foto pose perempuan menggunakan jilbab dan sedikit penjelasan dibawahnya. Jadikan dirimu sebagai Fashion Blogger. Lalu dimana kamu bisa menjual produknya?. Itu mudah sekali, kamu mungkin bisa memajang produk jilbab kamu terpisah dengan foto dengan membuat halaman  produk jilbab.  Nah agar orang-orang semakin tertarik dengan produk jilbab kamu, foto-foto model yang ditampilkan di blog kamu diberikan penjelasan sedikit, misal “…Hijabers, jika kamu tertarik dengan jilbab yang digunakan model diatas, kamu bisa memilikinya. Cukup klik saja link ini”, ya kurang lebih seperti itu.  Kemudian selanjutnya, rajin-rajinlah share link produk kamu/artikel blog kamu yang berisikan foto tersebut ke Facebook, Instagram, Pinterest, dan lain-lainnya. Tidak lupa juga, gabung dengan komunitas hijabers baik di media online ataupun offline.

Nah, yang tidak kalah penting dalam berbisnis online adalah tampilkan cara pemesanan dan detail kontak lengkap kamu agar para pembeli mudah dalam memesan produk jilbab yang kamu jual. Selain itu, agar menambah kepercayaan pembeli, tampilkan Data personal berikut foto kamu dan link facebook pribadi. Hal ini agar orang-orang tahu bahwa kamu benar-benar ada.

Kunci keberhasilan selanjutnya adalah buatlah target penjualan perhari, perminggu, perbulan dan target pengembangan usaha kamu kedepan. Jika telah memiliki modal, bangunlah web agar lebih profesional. Lakukan dengan konsisten dan berdoa kepada Allah. Saya yakin, jika kamu bersungguh-sungguh, pasti bisa melakukannya.

Selamat berwirausaha 🙂

Oh ya, bagi temen-temen yang mau sharing seputar bangun bisnis online dan butuh pengembangan website gratis, temen-temen bisa hubungi saya ke mirfagahiqbal@gmail.com atau twitter @mirfagahiqbal . InshaAllah saya akan bantu sebisa saya.

10 Comments

  1. Cara dan tips yang bagus sebenarnya memang sesuai isi artikel ini bagaimana untuk usaha jilbab yang murah, saya juga dulu untuk usaha kerudung bagus tidakalah sebesar dan seindah yang kita harapkan modal berpapun asalkan kemauan dan keuletan kita pasti bisa, terima kasih artikelnya sangat bermnafaat sekali

    1. pemograman gak harus sih bu. Yang terpenting adalah bagaimana toko online kita rame pengunjung. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti promo di facebook, iklan, bagaimana biar bisa populer di google. Jauh yg terpenting nantinya adalah bagaimana kita melayani pelanggan dan teknik closing. kalau untuk bangun toko online, bisa suruh orang buatnya, investasi 3jutaan, udah bs pny toko online. Atau kalau blm ada modal, bs mulai dari jualan do facebook atau bikin blog.

  2. mantap bro, tapi juga tak semudah bayangan sat di lapangan. namun patut dicoba dan rasakan sensasi berbisnis. pengalaman saya kalau mau modal jangan gunakan uang bank. pasti lom muter sudah diminta setiap bulan oleh banknya. saya salah satu korban pengen sukses malah terjerat hutang sehingga gagal ikut lebaran tahun ini. gunakan uang celengan seberapa kecilpun lakukan dengan sabar sehingga benar benar tau diarea mana kita berbisnis. baru modal akan menawari kita. semoga hal yang gagal saya lakukan menjadi bermanfaat bagi yang mau berbisnis. semoga sukses.

  3. sebenarya juga gak mudah sih bos, banyak yang perlu di erhatikan terutama masalah modal. jangan sampai belum belum kita sudah hutang bank tuk modal awal. ngak sukses malah terjerat hutang, akhirnya tutup lubang gali lubang sayalah orang bodoh tersebut. dimana salahnya dengan modal awal dari bank, uang lom muter modal sudah diminta setiap bulan plus bungga lagi. dan lebaran taun ini terancam ngak keluar rumah karena kebanyakan hutang(parah).saran gunakan uang sendiri seberapa besarpun itu lebih barokah, sabar janggan keburu nafsu tahan sampai bener bener tau medan bisnisnya setelah itu baru genjot dengan modal dan menagemen pro. semoga hal yg gagal saya lakukan menjadi pengalaman kita semua untuk maju, terimakasih kepada bos mirfagah’s yg memberikan semangat tuk maju dan sukses .

  4. temen saya sudah mulai jalan usaha kerudung drmh nya sendiri,dan sudah cukup lumayan pelangganmya. saya tertarik utk join di bagian pemasaran nya.mohon bantuannya donk
    cara buat web atau apalah yg bisa bikin bnyak konsumen lagi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s