4 Tips Membangun Usaha Ala Evan Williams, Pendiri Twitter Dan Blogger

Evan Williams, Pendiri Twitter dan Blogger
Evan Williams, Pendiri Twitter dan Blogger.

Selalu menarik membicarakan tips membangun usaha. Ada banyak cara dilakukan para pengusaha untuk membuat usahanya maju berkembang dan bernilai miliaran rupiah bahkan triliunan.

Pagi ini saya membaca artikel menarik di kompas.com di kanal tekno, yaitu pendiri twitter ungkap rahasia jadi kaya. Siapa sih Evan Wiiliams? Dia adalah seorang Technopreneur sejati, pendiri Twitter dan Blogger. Untuk mengetahui jelasnnya, silahkan lihat di wikipedia .

Hal menarik yang saya baca adalaha 4 tips sukses membangun usaha yang Dia sampaikan kepada peserta XOXO Conference di Portland, Oregon, pada 19-22 September 2013 lalu.  Karena ini menarik, maka saya coba tulis ulang saja di blog saya sebagai pengingat cara bagaimana membangun usaha yang sukses.

Nah, ini dia tipsnya:

1. Temukan hal-hal yang pernah dilakukan dan disukai banyak orang

Kebanyakan pengusaha internet selalu mencoba mencari hal-hal baru yang menurut mereka menarik untuk dilakukan oleh banyak orang. Hal itu salah, menurut Williams. Carilah hal-hal yang disukai banyak orang, hal-hal yang pernah dan ingin dilakukan oleh banyak orang. Identifikasi hal-hal tersebut.

Lalu, gunakan teknologi modern untuk menciptakan layanan yang lebih baik daripada layanan yang telah ada, untuk membantu banyak orang melakukan hal-hal tersebut.

2. Ciptakan solusi untuk menjawab kebutuhan dasar banyak orang

Internet bukanlah benda ajaib. Internet hanya sebuah alat. Orang-orang yang dapat menggunakan alat itu dengan baik, dan bisa menciptakan solusi untuk permasalahan dasar yang dihadapi banyak orang, akan mendapatkan keuntungan.

Sebaliknya, orang-orang yang melupakan kebutuhan dasar manusia, dan ingin menyuguhkan ide-ide hebat yang baru, hanya akan mendapat masalah.

3. Buat orang merasa nyaman

Orang akan sering mengakses layanan Anda jika mereka merasa nyaman menggunakannya. Kenyamanan di internet pada dasarnya bisa diperoleh dengan dua hal: kecepatan dan kemudahan. Dengan kata lain, orang tidak mau menunggu dan tidak mau berpikir. Jadi, internet harus bisa merespons keinginan mereka.

Williams mencontohkan Google, Facebook, dan Amazon. Banyak orang merasa nyaman menggunakan layanan-layanan tersebut karena bisa diakses dengan cepat dan mudah, tanpa membuat orang berpikir dan membuang banyak waktu.

4. Layanan harus sederhana

Formula lain untuk sukses dalam berbisnis online adalah membuat layanan yang sederhana. Blogger, misalnya, bisa mengubah cara orang menyimpan konten di jaringan internet dengan cara yang sederhana. Blogger membantu orang untuk membuat dokumen, menyimpannya, serta memublikasikannya ke jaringan secara mudah, hanya dengan mengeklik tombol “publish“.

@mirfagahiqbal, for entrepreneurship sharing

Photo’s grabbed from www.independent.co.uk
Information source from www.wired.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s