Melirik Peluang Bisnis Digital di Tahun 2014

Tahun 2013 sebentar lagi berakhir dan kita siap-siap untuk menghadapi tahun 2014. Apa yang akan menarik di tahun 2014? Tentu kita semua bertanya-tanya dan menerka peluang bisnis digital apa yang bisa kita kembangkan di tahun depan.

Penggun internet indonesia tahun 2013

Sepertinya ada baiknya jika kita pelajari apa yang terjadi di Indonesia selama tahun 2013 terhadap dunia digital. Baru-baru ini Markplus mengeluarkan temuannya bahwa Internet User di Indonesia sudah mencapai  74.57 Juta, naik dari tahun sebelumnya yang hanya di 60.1 juta. Hampir separuh dari netizen di Indonesia merupakan pengguna internet muda berusia di bawah 30 tahun, sedangkan 16% adalah para netizen berusia di atas 45 tahun. Bahkan, hampir 95% dari Netizen tersebut adalah pengguna internet melalui perangkat mobile (smartphone).

Hasil survey dari Markplus  ini sama dengan hasil research yang diadakan oleh Redwing Asia. Dia memprediksi hal yang sama ketika diawal tahun 2013 bahwa tahun 2013 internet user akan berada di antara 68 juta – 82 juta.

Lalu pertanyaannya, bagaimana di tahun 2014?

Redwing Asia telah memprediksi bahwa tahun 201, internet user di Indonesia akan mencapai 85 juta – 107 juta.  Aktifitas mereka rata-rata adalah melakukan social networking, cari informasi di search engine, dan juga email.  Angka tersebut, tentu sangat menarik dan ini merupakan peluang bisnis di Indonesia. Dan tidak dilupakan juga, pengguna smartphone akan semakin meningkat dan diprediksikan di tahun 2014 akan naik menjadi 28% – 32% dari total semua pengguna handphone di Indonesia.

Lalu bisnis digital apa yang akan booming di tahun 2014?

Menurut saya, bisnis e commerce, mobile apps, online advertising, dan media informasi akan sangat menarik di tahun tersebut. Menurut research yang dilakukan oleh Redwing Asia, tahun 2013, internet user yang melakukan belanja online ada sekitar 32 % dari total pengguna internet indonesia dan diprediksikan akan naik menjadi 45% di tahun 2014. Nilai bisnis e commerce di Indonesia sendiri diprediksi mencapai $2,059 Billions di tahun 2014, tentu ini merupakan bisnis yang menggiurkan. Karena itulah, di tahun 2013 ini banyak investor asing yang menanamkan modalnya untuk berbisnis e commerce di Indonesia.

Untuk mobile apps sendiri, tentu tidak dipungkiri bahwa bisnis ini akan sangat menarik di tahun 2014. Dan sebenarnya dari sekarangpun mobile apps sudah sangat menarik. Hal ini dikarenakan pengguna smartphone yang semakin maju pesat dan juga infrastuktur internet yang semakin maju. Lalu mobile apps apa yang bisa dilirik untuk dikembangkan. Menurut saya pengembangan game tetap bisa menjadi pilihan karena sebagian besar aktifitas pengguna smartphone menghabiskan waktunya untuk bermain game (selain social networking dan chatting). Selain itu, karena di tahun 2014 akan diadakan pemilu dan pilpres, tentu aplikasi media informasi sangat menarik untuk dikembangkan. Karena pada saat itu, semua orang akan sangat  mengikuti berita-berita terkini.

Online Advertising saya rasa akan sangat menarik untuk dikembangkan mengingat pengguna internet yang tinggi dan semua industri tidak akan melewatkan untuk berlomba-lomba memasarkan produknya. Facebook Ads dan Google Adwords akan sangat banyak digunakan orang, karena keefektifan dalam menciptakan konversi ke penjualan serta brand awareness.

Media Informasi akan selalu menarik karena masyarak indonesia semakin mengenal internet, tidak ada waktu lagi untuk nonton TV atau baca media cetak, dan mereka kebanyakan menggunakan smartphone sehingga tak akan lepas dari internet. Didukung lagi seperti saya bilang sebelumnya, tahun 2014 akan ada pemilu dan pilpres.

Lalu bagaimana kita menyiapkan semuannya agar bisa bersaing di tahun 2014? Saya rasa kita semua sudah tahu harus apa. Siapkan diri, manfaatkan semua peluang, dan lakukan!. Be ready to welcome 2014 🙂

1 Comment

  1. Bos, Ikut Promosi Y…… Peluang Bisnis Menjadi Reseller Kami…. PT. Metalogic Informatika adalah usaha di bidang Konsultan Komputer, Maintenance Komputer, Service dan Reparasi Komputer, dll yang berhubungan dengan komputer. Kami juga menyediakan pengadaan komputer ke perkantoran,sekolah,kampus,Pemda,dan institusi lainnya dan kami juga memasok berbagai macam kebutuhan komputer baik itu partai besar / partai kecil dengan harga kompetitif dan sangat menarik. Kami melayani pemesanan dari Jabodetabek dan Seluruh Propinsi di Indonesia. Untuk Info lebih lanjut Hub : Herry HP 081808848274 021 5324790 – 92 atau klik metalogic.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s