Tips Membangun Usaha, Bangunlah Sistem Dengan Visi yang Kuat

Tips Membangun Usaha, Bangunlah Sistem Dengan Visi yang Kuat
Tips Membangun Usaha, Bangunlah Sistem Dengan Visi yang Kuat

Ada banyak orang ingin membuat usahanya bertubuh besar tapi gagal karena dia berperan sebagai one man show di kandang sendiri. Dia yang memasarkan, dia yang jualan, dan dia yang menyediakan barang sehingga tidak ada waktu untuk memperluas pemasaran dan bisnisnya akan ketergantungan dengan dia seorang. Kalau dia lagi tidak fit untuk berkerja atau lagi bosan, bisnisnyapun akan terganggu. Lalu sebaiknya harus bagaimana? ya sebaiknya stop jadi pedagang, jadilah pengusaha. Lho kok gitu, bukannya sudah menjadi pengusaha? Selama masih seperti, tetap dikatakan masih menjadi pedagang. Karena seorang pengusaha berpikir untuk memperluas jaringan bisnis sebesar-besarnya dengan management yang rapi dengan menempatkan orang-orang terbaik untuk membantu bisnisnya berjalan sedangkan pedagang adalah yang penting jualan dan untung dan one man show. Lalu harus bagaimana untuk memulainya?

Untuk memulainya tentu harus dilakukan dengan keyakinan besar akan berhasil dan mulailah dengan visi bahwa membangun usaha karena kita akan membawa kebahagiaan bagi banyak orang. Dengan visi inilah, kita tahu kemana kita akan melangkah dan seberapa besar usaha yang kita akan lakukan untuk mewujudkan visi tersebut. Karena visi bisnis kita adalah membuat banyak orang bahagia, tentu kita perlu banyak orang untuk membantu kita mewujudkan impian tersebut bersama-sama sehingga bisnis kita semakin besar dan membawa berkah. Memperluas area bisnis tentu memerlukan jaringan penjualan yang banyak dengan orang-orang yang memiliki visi yang sama untuk menghandle tanggung jawab tersebut. Kemudian distribusi barang yang lancar dengan mutu produk kualitas terbaik. Kerjasama dengan mitra kedua yang solid dan saling menguntungkan. Keuangan dicatat dengan baik tidak amburadul alias jelas kemana keluar masuk cash. Dan strategi pemasaran yang luar biasa bagus sekali. Tentu untuk mewujudkan itu semua memerlukan sistem yang baik agar semuanya berjalan on the track dan orang-orang yang dilibatkan merasa bahagia untuk mewujudkan visi bersama tersebut. Seorang pengusaha harus menguasai itu semua, tidak harus secara teknis namun menguasai bagaimana membangun tim yang efektif dan memberikan tanggung jawab kepada mereka yang dianggap mumpuni untuk diberikan amanah menjalankannya serta memastikan sistem yang dibuat bersama berjalan dengan lancar.

Lalu perlu diketahui untuk menjalankan itu semua, melalui visi diurutan teratas maka dibawah dituliskan goal-goal apa saja yang perlu dilakukan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dan itu harus tertulis jelas bukan hanya di otak kita sendiri, tapi juga harus tertanam di semua anggota yang berada di tim. Buat goal map dengan karton besar lalu tempelkan di ruangan kantor yang bisa dilihat oleh semua anggota tim. Dan untuk menjalankan itu semua memerlukan fokus yang ekstra, jangan terpecah-pecah. Apalagi kalau kita menyadari kita bukanlah orang yang bisa mengerjakan super multitasking.

Menjadi pengusaha besar memerlukan usaha yang besar dan visi yang besar. Membangun usaha dengan visi besar tentu perlu sistem yang rapi karena ini melibatkan jangkauan jaringan yang luas dengan melibatkan banyak orang bahagia disana.  Sehingga ketika kita tidak terlalu aktif lagi disana, bisnis tetap berjalan secara powerful dengan orang-orang yang powerful pula.

Best Regards

@mirfagahiqbal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s