Suasana Tempat Kerja Berpengaruh Ke Semangat Kerja

Internet Marketing Division
Internet Marketing Division of Batavianet

Suasana tempat kerja bagi saya sangat berpengaruh terhadap semangat kerja. Apalagi ketika memang butuh konsentrasi penuh dan pekerjaannya kebetulan menyangkut creating idea, rasanya tidak bisa sekali yang hanya berdiam diri di suatu ruang tertutup, tidak ada angin atau cahaya masuk, dan hampir tiap hari disitu semisal di kosan atau tempat kerja yang hampir tiap hari melakukan rutinitas disana. Saya termasuk sulit untuk benar-benar menyelam di perkerjaan itu. Karena itu biasanya, saya mencari tempat yang  segar, santai, dan enak untuk berkerja. 

Kebetulan awal tahun seperti saat ini, banyak klien yang meminta untuk rencana program marketing baru dan hari ini saya memiliki PR rumah yang harus selesai dan dipresentasikan selasa besok. Jadwal yang tergolong mepet dan banyak hal yang harus dipersiapkan. Kalau sudah seperti itu, biasanya saya akan mencari tempat yang enak untuk berkerja. Dan hari ini saya memutuskan untuk kerja bareng dengan teman kantor (Ci Henny –> partner kerja + Sahabat yang dari dulu sama-sama ngegarap ide-ide digital marketing ) di Starbucks Citra 6 Cengkareng.

Impresi saya ketika pertama kali kesana adalah “Wow, that’s it, i am falling in love with this place” Lihat dari depan mungkin biasa saja (“ya hampir semua gerai starbuck enak untuk dijadikan tempat nongkrong”) ketika masuk, dan melihat ada danau, itu yang membuat saya “wow it’s nice place” Viewnya pas banget dengan apa yang saya mau (“walau sebelumnya gak kepikiran bakal ada danau, maklum baru pertama kali..hehehe”) . Dan yang tidak kalah pentingnya adalah ternyata koneksi internetnya cuepett banget. Yaudah betahlah saya disana, dari jam 2 siang sampai 6 sore. Kerja bareng berjalan lancar, banyak konsep-konsep ide tercipta, tinggal dibuat slidenya malam ini.

Starbuck Citra 6 Cengkareng
Tampak Depan Starbuck Citra 6 Cengkareng
Ini Danaunya
Ini Danaunya
Notebook dan My Laptop
Notebook dan My Laptop
Ada Biksu juga lagi nyantai di starbucks
Ada Biksu juga lagi nyantai di starbucks
Keliatan Danau dari tempat saya duduk
Keliatan Danau dari tempat saya duduk
Seperti satu keluarga lagi kumpul bareng
Seperti satu keluarga lagi kumpul bareng

Melakukan rutinitas pekerjaan di lokasi yang berbeda adalah hal yang perlu dilakukan. Dan untuk ini saya ada beberapa alasan kenapa saya suka melakukannya.

1. Tiap hari kerja di kantor membuat ide-ide segar sulit didapat. Kantor adalah pusat stres karena hampir tiap hari menemukan dan menyelesaikan masalah disana. Karena itu perlu mencari suasana baru untuk lebih fresh dan fokus. Dengan berkerja di suasana luar bisa membuat otak tidak tegang (mungkin karena bawa’annya nyantai) dan melihat suasana baru yang sering kali memicu ide-ide baru. Karena itu sering kali, saya mengajak teman-teman satu tim untuk berkerja di luar.

2. Dengan berkerja dengan pola yang hampir sama tiap harinya itu membosankan. It’s time to feel something new. Saya termasuk orang yang suka berkerja dengan pakaian yang tidak formal dan waktu yang fleksibel sambil menikmati kopi panas dan makanan ringan. Dan satu lagi, saya termasuk yang tidak tahan dengan pekerjaan yang monotone, jadi perlu sesuatu yang baru.

3. Sering kali dapat kenalan baru, lumayan jadi nilai plus untuk silaturahim dan sangat menyenangkan.

4. Lebih bisa fokus dan seperti benar-benar menyelam di pekerjaan itu.

5. Ada banyak pengalaman-pengalaman yang bisa dirasakan yang sulit untuk diungkapkan. Dan itu membuat saya lebih tenang dan fresh.

Nah, ini cara saya dalam berkerja. Mungkin dari teman-teman ada yang sama seperti saya atau juga berbeda. Tapi intinya adalah buatlah diri kamu nyaman dengan apapun yang kamu kerjakan. Bikin suasana sesuai dengan apa yang kamu mau sehingga kamu lebih bisa mengoptimalkan waktu dan pikiran. 

Best Regards

@mirfagahiqbal

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s