Ayo, Mencatat Keuangan Pribadi

image

Akhir-akhir ini saya lumayan kesulitan dalam mengontrol keuangan pribadi, terutama dalam pencatatan keluar masuk uang. Walaupun setiap akhir bulan sudah dipisah antara uang aman (ditampung di rekening tabungan) dan uang hidup 1 bulan (di rekening biaya hidup), tetap saja ada problem dalam pengontrolan biaya hidup. Tanpa sadar kok anggaran 1 bulan over limit padahal uang kewajiban seperti anggaran sewa kost, service motor, tagihan kartu kredit, zakat, uang perut, hiburan, dan pengeluaran tak terduga sudah dipisahkan. Muncul pertanyaan, habis kemana saja?

Akhirnya kepikiran untuk mulai melakukan pencatatan cashflow pribadi. Saya pikir kalau dibuat buku khusus sepertinya akan sulit saya kerjakan. Jadi saya putuskan untuk mencari aplikasi. Setelah pencarian, dapat 1 aplikasi yang menarik tapi harus bayar jika melebihi kuota transaksi. Akhirnya tidak jadi digunakan. Lalu tanpa disengaja, seorang sahabat kantor (Ghea, a smart girl and like a younger sister for me) bilang ke saya “Mas Aga kenapa gak buat jurnal aja di google drive?”. Sejenak berpikir “oh iya ya, kenapa harus ribet. Itu gampang banget”. Ya sudah, malam itu langsung saja saya garap. Bikin tabel tanggal, debit, kredit, dan keterangan. Serta kolom total pengeluaran, total pemasukan, dan sisa uang. Sippp, my cashflow note is done and its time to use it. Simple dan bisa diakses dimana saja menggunakan handphone tanpa harus menggunakan apps khusus. It’s awesome!

Nah bagi teman-temen yang mau mulai mencatat keuangan pribadi. Cara ini mungkin bisa dicoba. Intinya sih agar kita tahu kemana saja uang kita keluar dan masuk serta membantu kita untuk memprediksi anggaran bulanan dan kapan harus ngerem pengeluaran. Sering kali pengeluaran yang under control bikin kita tidak bisa maksimal menggunakan uang kita sendiri. Ayo mulai kelola keuangan pribadi.

Best regarsd
@mirfagahiqbal

Published by wordpress mobile

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s