Gultik, Masakan Khas SOLO di Blok M

Markas Penjual Gultik di Bundaran Blok M Plaza
Markas Penjual Gultik di Bundaran Blok M Plaza

Gara-gara diajak teman saya (Pani Z) jadi ketagihan makan Gultik (Gulai Tikungan), masakan khas Solo (kata abang penjualnya), berada di bilangan Blok M (tepatnya di bundaran Blok M Plaza).

Tempat jualannya unik. Jadi si abang-abang penjual gultik berjejer di trotar jalan dengan menggunakan bakul pikul (bener gak ya namanya :D, kita anggap saja bakul) dan kursi plastik berjejer mengitari bakul pikul tersebut. Nah, di bakul 1 berisi tempat nasi dan alat makan, sedangkan bakul 1 lagi berisi si Gultik yang dipanasin di dalam gentong terbuat dari tanah (saya kurang begitu paham namanya 😀 kalau ada yang tahu, boleh kasih komentar) dan alat pemanasnya dari arang api. Setahu saya setiap masakan yang dimasak menggunakan arang dan gentong dari tanah liat, memiliki aroma yang beda dan rasa yang khas.

Gultik, Gulai Tikungan
Gultik, Gulai Tikungan

Dengan membayar Rp10.000,- , jadilah 1 porsi gultik yang siap saya nikmati ditemani sepiring kerupuk. Rasanya mirip seperti masakan sayur nangka buatan mama. Kuahnya sama terbuat dari santan dengan bumbu Gultik (jangan ditanya, saya juga gak tahu :D), Bedanya ini bukan nangka tapi daging sapi.  Makan gultik tidak cukup sekali, rasanya bikin mau nambah lagi. Kalau saya cukup 2 porsi. Jadi bayarnya tinggal dikalikan 2 aja :D.

Si abang penjual gultik lagi melayani pelanggan
Si abang penjual gultik lagi melayani pelanggan

Nah, jika teman-teman penasaran ingin mencicipi enaknya Gultik alias Gulai Tikungan, monggo datang aja ke Blok M, kebayoran Baru. Dijamin kalian pasti puas dengan rasanya.

Best Regards

@mirfagahiqbal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s