Kejarlah KPI Kalau Tidak Mau Dikejar Klien

key Performance Indicator

Di dunia Digital Agency seperti dimana saya kerja sekarang, kalimat ini bisa jadi motto yang harus ada dan selalu diingat. Motto ini bukan sekedar motto, tapi juga ancaman yang selalu menghantui ketika melihat progres kerja. Bangun tidur sebelum tidur, selalu mengikuti. Kasian banget..hahaha  #Just kidding.

Berbicara mengenai KPI atau disebut juga Key Performance Indicator erat kaitannya dengan seberapa besar keberhasilan suatu proyek yang kita kerjakan. Jika di Digital Agency yang menangani digital marketing campaign, barometer yang bisa menjadi KPI ada banyak, bisa web visitor, Jumlah like facebook fans page/ follower twitter, participant dalam suatu kontes, dan ada banyak lainnya. Dan semuanya harus tercapai sesuai deadline yang telah ditentukan.

Tips untuk tidak mau diblacklist klien adalah simple aja “Kejarlah KPI”..hehe. Kalau KPI tercapai, klien juga akan terus renewal kasih job baru atau perpanjang layanan. Lalu bagaimana caranya agar KPI tercapai? kuncinya satu, persiapan yang mantang dan doing research before execute the campaign. Jangan salah menganalisa angka KPI kalau tidak sesuai dengan kenyataan, karena ini akan memberatkan di anggaran dan waktu. Usahakan sebelum campaign, kita sudah menganalisa pasar dengan tepat berikut dengan trend, demografi, sumber daya manusia, channels, analytics, dan lainnya yang dikira akan terlebat dalam mensukseskan proyek. Selain itu, buatlah target perhari agar tidak keteteran diakhir deadline yang akhirnya menggunakan segala cara 3 H (halal haram hantam) untuk achieve KPI, It sucks!.  

Jika dirasa tidak mampu untuk melakukannya, lebih baik untuk berkata jujur dari awal daripada berbohong diakhirnya. Atau berikan penawaran kontrak kerja yang feasible to do daripada penawaran yang bombastis tapi tidak bisa dikerjakan.

Jangan tergoda dengan uang besar that will make you a liar  in the end.

 

best regards

@mirfagahiqbal

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s