Apakah Benar Kegiatan Branding Kamu Berhasil?

Brand Activation

Dalam membuat brand activation, banyak orang berusaha menciptakan ide kreatif yang sangat out of the box. Tidak ada yang salah dengan itu jika memang bisa dilakukan. Namun pada kenyataannya tidak ada yang benar-benar out of the box, kecuali memang orang tersebut memiliki kejeniusan yang mumpuni. Hampir semua ide yang ada pada dasarnya adalah pengembangan dari ide-ide yang ada dan kemudian disesuaikan dengan produk dengan sentuhan berbeda. Bahkan ada saja yang memang copy-paste. Intinya sih, gak ada masalah dengan itu, yang penting kegiatan branding tersebut efektif untuk mencapai tujuan. No original idea in this world, but the way to execute it is unique for each execution.

Berbicara mengenai efektif atau tidak terhadap suatu activation untuk mencapai tujuan, perlu dilakukan pembuktian dalam sesuatu yang bisa diukur. Kalau memang dirasa sukses untuk branding, lalu bagaimana bisa tahu bahwa itu sukses? Menggunakan apa untuk mengukurnya?. Kalau hanya dilihat dari banyak orang yang tahu akan brand tersebut, so what? mau seberapapun besarnya keberhasilan branding tersebut, percuma kalau kegiatan tersebut tidak berhasil menaikkan penjualan produk.
Lalu seharusnya bagaimana? Disinilah kita mesti kritis untuk setiap langkah yang akan diambil. Apa yang kita lakukan? Bagaimana kita melakukannya? Mengapa kita melakukannya? Bagaimana kita tahu apakah yang kita lakukan bekerja dengan baik?. Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus dapat dijawab dengan benar dan logis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s