Ini Baru Dikatakan Lelaki

IMG_0391-0.JPG

Alhamdulillah, malam ini bisa ikutan majelis malam ahad bersama Ust. Fatih Karim di AQL Islamic Center Tebet. Terima kasih juga buat ukhti Rani udah kasih info mengenai majelis yang luar biasa ini.

Jadi majelis malam ahad ini banyak dihadirin oleh para remaja-remaja islam, baik itu perempuan dan laki-laki. Pembahasannya macam-macam, tapi sepenangkepan saya sepertinya lebih menjurus ke ta’aruf dan Nikah, yang ngadain APWA (Ar Rahman Pre Wedding Academy), saya baru tahunya pas sudah di lokasi dan dijelasi oleh pembawa acaranya. Kalau di pertemuan-pertemuannya sebelumnya lebih membahas mengenai perempuan, kali ini temanya lebih ke laki-laki yaitu Lelaki Idaman Dalam Al Qur’an. Ustadz Fatih Karim Memberikan tauziah kurang lebih 2 jam dan penyampaiannya sangat santai namun berisi.

Jadi bagaimana sih lelaki idaman dalam Al Qur’an? Ust. Fatih Karim bilang, lelaki idaman itu harus bisa membangun keseimbangan antara Jasadiyah, Fikriyah, dan Ruhiyah. Jasadiyah, seorang lelaki harus memiliki kesehatan jasmani yang bagus agar dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik. Jika badan rentan sakit, akan sulit lelaki berperan sebagai seorang pemimpin yang tugasnya jika dia seorang suami harus berkerja menafkahi keluarga. Fikriyah, lelaki harus banyak ilmu, baik ilmu umum maupun ilmu Islam karena seorang pemimpin harus mampu untuk memberikan tuntunan yang benar menurut islam dan solusi di setiap masalah. Ruhiyah, seorang lelakipun harus memiliki jiwa spiritual yang kuat, karena jika spiritual bagus, dia cenderung akan bijaksana, penuh kasih sayang, dan takut dosa kepada Allah.
Seorang lelaki harus dapat membangun keseimbangan di ketiganya, tidak boleh ada yang tidak dimiliki karena semuanya saling berkaitan. Jika seorang lelaki hanya memiliki jasmani yang sehat dan ruhiyah yang bagus namun fikriyah yang kurang, dia tidak mungkin bisa memimpin karena ilmu kurang. Begitupun sebaliknya, jika fikriyah bagus, ruhiyah bagus, tapi jasmani kurang, dia tidak bisa memanfaatkan kelebihannya tersebut karena tidak bisa berbuat banyak dikarenakan sakit.

Jasadiyah bagus, fikriyah bagus, dan ruhiyah bagus akan menciptakan seorang lelaki muslim yang kuat, pintar, dan bijaksana.

Intinya kurang lebih seperti itu. So, yuk terus memperbaiki diri. Mulai atur pola hidup yang sehat, gemar belajar, dan terus menambah amalan-amalan sunah.

Nah, untuk majelis malam ahad selanjutnya bakal membahas “Bagaimana saya mengenalmu” tanggal 11 oktober di AQL Islamic Center Tebet.

Best Regards
@mirfagahiqbal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s