Alhamdulillah, 2 Resolusi Di Tahun 2016 Tercapai

Saya dan istri ketika di Lombok
Saya dan istri ketika di Lombok

Masih ingat sekali di awal tahun 2016, saya membuat 4 resolusi pribadi yang ingin diraih, yaitu membuat sistem untuk mengelola bisnis NEO Digital secara remote, membuat 1 project startup di Palembang, merenovasi rumah, dan membeli kendaraan. Well, untuk detailnya bisa dibaca disini “Yap, Ini Bisa Dikatakan Resolusi 2016 Saya“. Dan alhamdulillah, setelah 7 bulan berjalan, 2 resolusi sudah tercapai. Apa itu, berikut ceritanya:

1. Merenovasi rumah

Jadi ceritanya, 1 bulan sebelum saya dan istri menikah, tepatnya bulan november, kami memutuskan beli rumah (no KPR, sebisa mungkin menghindari riba’) di Indralaya, Sumatera Selatan. Mungkin banyak orang tidak tahu lokasinya dimana, terutama temen-temen di Jakarta. Jadi paling simple ngejelasinnya “Itu lho, kalau kamu tahu Unsri (Universitas Sriwijaya), yah ituu, unsri disitu” lokasinya 32 KM dari Palembang. Anak Unsri pokoknya hapal banget kalau ke Indralaya, mesti siap mental dan tahan emosi, karena biasanya kalau ada mobil mogok/kecelakaan 1 aja, macetnya gak ketulungan, bisa-bisa bermalam disana tanpa berkutik. Alhamdulillah, saya tidak pernah mengalami itu, cuma beberapa kali saja merasakan macet berjam-jam. Syukurnya, sekarang lagi dibangun tol palindra, yang menghubungkan Indralaya dan Palembang. Jadi yang biasanya kalau mau ke Palembang ditempuh 1.5 jam, maka nanti cukup sekitar 30 menit-an.

Well, kembali ke topik, walau kita beli rumah siap pakai tapi butuh pembenahan dan penambahan, jadi bulan maret kemarin, diputuskan untuk direnovasi. Ada beberapa yang dilakukan, yaitu ganti lis plang (itu jadi putih di bagian pinggiran atap), ninggiin pager dibelakang hingga mendekati atap, sehingga kalau istri mau jemur pakaian, gak perlu berjilbab juga okey. Kemudian menambah kamar mandi di kamar utama, menutup pintu di depan garasi rumah dan mindahinnya ke belakang (karena di belakang, kusennya udah rayapan), mengganti beberapa kusin karena sudah lapuk, mengganti pintu pagar belakang, membuat rumah mesin air di depan rumah sebelah kiri samping, menutup jendela samping diganti dengan glass block (lumayan kalau siang gak perlu pake lampu lagi, cahaya matahari bisa masuk), serta cat ulang dalam dan luar. Dan hasilnya seperti berikut:

Alhamdulillah, bulan April sudah bisa selesai dan resmi ditempatin. Inilah rumah pertama kami sebagai keluarga baru.  Tinggal nanti mau renovasi bagian dapur, kitchen set belum mantep :D.

Ruang favorite saya kalau lagi di rumah, ruang kerja ini dengan furniture hasil daur ulang dari papan lis plang yang lama yang gak kepake, jadinya ya lumayan juga.



Well, karena itu, saya bisa bilang resolusi ini tercapai. DONE!

2. Membuat 1 startup di Palembang (tepatnya di Indralaya)

Ketika saya memutuskan tinggal di Indralaya, saya sudah memiliki komitmen untuk membuat project startup disitu. Saya ingin membuka peluang baru bagi teman-teman disana, membuka pikiran mereka tentang pekerjaan berbau digital (hanya bermodalkan laptop dan internet), dan tentunya ingin berbagi manfaat dengan pengalaman yang saya sudah raih. Well, ide startup muncul ketika obrol-obrol dengan istri dan saya melihat dia memiliki bakat terpendam selain keahliannya di bidang statistik dan berkarir sebagai PNS di Badan Pusat Statistik Indralaya. Ternyata dia suka membaca dan belajar tetang membangun keluarga islami dan cukup paham ketika ditanyain seputar itu. Ide liar sayapun berkata, kenapa kita gak bikin aja portal seputar keluarga Islami dan membuka forum konsultasi. Awalnya dia tidak percaya diri untuk melakukannya, namun saya terus menyemangati dia untuk hayuuk kita bikin, kan lumayan banget kalau nanti bisa menjadi acuan bagi masyarakat Indonesia untuk belajar membangun keluarga islami, pahalanya gede dan tentunya ini bisa menjadi ladang pahala dan dakwah. Setelah beberapa bulan waktu approaching dan encourage dia untuk eksekusi, akhirnya setelah lebaran kemarin dia mau menjalaninya. Dengan pengalaman saya dalam membangun tim, mulailah saya kontak temen-temen lama disana dan di luar kota untuk join di proyek ini. Training mereka di akhir pekan mengenai cara penulisan artikel, pemilihan topik, serta penggunan Facebook serta CMS website. Khusus istri, saya ajarkan bagaimana menjadi pemimpin redaksi dan mengatur tim penulis. Alhamdulillah, walau belum sempurna, tapi 1 selama bulan juli ini traffic sudah luar biasa untuk suatu website baru, average traffic yang masuk 4.000/hari dan Facebook Fans sudah mencapai 8000an dan tiap hari ada saja orang-orang yang berkonsultasi seputar ta’aruf, nikah, rumah tangga, dan parenting. It’s great growth. Dan saya sendiri disini lebih berperan sebagai mentor dan penasehat, karena saya tidak bisa fokus disitu, NEO Digital masih yang utama yang harus saya kerjakan.

Arrahman.id - Membangun Keluarga Islami Indonesia
Arrahman.id – Membangun Keluarga Islami Indonesia

Senang sekali rasanya ini bisa berjalan. Ketika hanya bermodalkan laptop dan internet, istri dan teman-teman disana bisa berbagi manfaat dan dakwa untuk ratusan ribu visitor. Dan saya rasakan, ini bukan berbicara tentang profit/uang, tapi berbicara tentang bagaimana kita bisa menciptakan value of life, ini yang sering sekali saya bicarakan dengan istri tercinta tentang tujuan hidup kita. Harapannya, Arrahman.id bisa terus berkembang dan menjadi portal bagi masyarakat Indonesia yang ingin membangun keluarga Islami.

Jadi, dari 4 resolusi, PR sekarang tinggal 2 lagi, yaitu membuat sistem untuk mengelola bisnis NEO Digital secara remote dan membeli kendaraan. Kerja remote di NEO Digital merupakan tantangan tersendiri, apalagi dengan peran saya sebaga COO yang hanya 3 hari di Jakarta setiap minggunya dan selebihnya di Indralaya, cukup berat dengan begitu banyak proyek, belum pernah saya melakukan ini sebelumnya. Semoga kedepan bisa semakin baik dan terampil dalam mengatur ini. NEO Digital memang sedang mengalami kemajuan pesat, dari hanya 7 orang di pertengahan 2014, dan sekarang sudah 30 orang.

Ups, ada 1 lagi pencapaian yang tak terduga sebelumnya (tapi memang udah diharapkan), istri saya sekarang sedang mengandung anak laki-laki dan sekarang sudah masuk bulan ke enam. In shaa Allah, kalau tidak ada halangan, bulan november dia akan dilahirkan dan melengkapi keluarga kecil kami, aamiin ya Rabb.

Sebagai penutup artikel ini, semoga pencapaian resolusi di tahun ini berjalan lancar, menjadi pribadi yang lebih baik lagi, apalagi sekarang sudah menjadi suami orang dan bentar lagi bakal jadi seorang Abbah (Ayah), aamiin ya Rabb.

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ ۚ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ

For each one are successive [angels] before and behind him who protect him by the decree of Allah . Indeed, Allah will not change the condition of a people until they change what is in themselves. And when Allah intends for a people ill, there is no repelling it. And there is not for them besides Him any patron

29 juli 2016, jam 2.44 AM, di Kantor NEO Digital, Greenlake City, Jakarta Barat.

Mirfagah Iqbal

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s