Pengalaman Pertama Kali Pecah Telor Jualan Kaos Di Teespring

Pertama kali kenal teespring itu tahun 2015, ketika Albert Leonardo menceritakan kisah suksesnya menjual kaos di teespring dengan target pasar Amerika. Jujur itu pertama kalinya juga belajar iklan Facebook secara lebih komprehensif yang kemudian strateginya berguna bagi NEO Digital sebagai wawasan baru dalam menjalankan strategi iklan. Penjelasan singkat seputar Teespring, tempat para marketer ataupun designer memasarkan kaos tanpa harus memikirkan membangun online store, produksi, online payment, maupun shipping. Cukup berkreasi menciptakan design yang kemudian dipadukan ke dalam sebuah kaos, lalu menjualannya secara online dengan target market Amerika dan Eropa melalui berbagai macam media, dan salah satunya yang paling sukses menciptakan sales adalah menggunakan iklan facebook. Jadi disini modalnya cuma design dan budget iklan. Profitnya cukup menggiurkan, sekitar $7-10/kaos dan bisa lebih tergantung kita mau setting margin berapa. Ongkos produksi yang dikenakan teespring untuk 1 kaos bisa $9 alias menjadi harga pokok bagi para marketer, selanjutnya tinggal ditambah margin sehingga menjadi $19/kaos sebagai harga jual. Cukup menarik!.

Pertama kali pecah telor di teespring, saya berhasil jual 20 kaos dengan margin $141 dengan melakukan pemasaran di Facebook. Sebagai newbie, pecah telor itu sangat menyenangkan, ada kepuasan dimana ilmu yang didapat dari webinar bisa dipraktekkan dan menghasilkan. Tentunya bahwa yang diajarkan di webinar itu benar-benar terbukti. Sebagai percobaan, target pasar yang saya tuju adalah masyarakat muslim di Amerika, kebetulan saat itu pas sekali momennya yaitu Ramadhan. Jadi dibuatlah desain kaos untuk menyambut bulan Ramadhan.

Jualan Kaos di Teespring 2
Kaos Yang Pertama Kali Dijual Di Teespring

Strategi iklan yang saya gunakan saat itu adalah dengan menggunakan Facebook Ads. Hal pertama yang lakukan adalah mengentahui niche market mana yang masih blue ocean alias belum banyak pemainnya. Setelah melakukan research, dapatlah target masyarakat muslim. Lalu selanjutnya adalah melakukan validasi berapa banyak netizen Amerika yang memiliki interest terhadap islam dan sunni islam. Didapat angka populasi yang cukup besar, ada 5M-6M monthly active people.

Populasi Netizen di Amerika Yang Memiliki Ketertarikan Terhadap Islam Berdasarkan Facebook Audience Insight
Populasi Netizen di Amerika Yang Memiliki Ketertarikan Terhadap Islam Berdasarkan Facebook Audience Insight

Dari data diatas, diketahui bahwa umur 25 keatas merupakan populasi terbesar dan menarik untuk digarap. Apalagi memang pengguna kartu kredit terbesar disana tentunya di usia 25 tahun keatas. Kemudian agar lebih deep lagi dalam menggali insight, interest yang tadinya hanya islam dan sunni islam, diganti dengan interest lain yang lebih niche, dipilihlah Hadith.  Hasilnya cukup baik karena jika dibandingkan dengan top categories, ada relevansinya dimana sebagian besar menampilkan fanpage bertemakan islam, sehingga insightnya lebih valid. Didapat ada  300K-350K active people.

Agar Lebih Deep Lagi Mendapatkan Audience Muslim Di Amerika, Interestnya Diganti yang Lebih Niche
Agar Lebih Deep Lagi Mendapatkan Audience Muslim Di Amerika, Interestnya Diganti yang Lebih Niche.

Setelah itu dicari tahu lebih dalam lagi terhadap facebook fanpage yang memiliki relevansi dengan audience yang kita pilih. Didapatlah beberapa fanpage yang memiliki tingkat relevansi dan affinity terbesar. Data ini sangat menarik untuk nanti ketika mulai menjalankan iklan di Facebook bisa dijadikan target iklan.

Daftar Facebook Fanpage Bertemakan Islam
Daftar Facebook Fanpage Bertemakan Islam. Source Facebook Audience Insight

Setelah mendapatkan informasi di Facebook Audience Insight, langka selanjutnya adalah mencari info tambahan di Google atau wikipedia seputar masyarakat muslim di Amerika. Contohnya informasi kota dengan populasi masyarakat muslim terbesar di Amerika. Dengan mengetahui kota-kota mana saja di Amerika yang memiliki masyarakat muslim terbesar membantu ketika setting lokasi dimana saja iklan  akan ditampilkan sehingga lebih targeted.

Kota-kota di Amerika yang Memiliki Populasi Masyarakat Muslim Terbesar
Kota-kota di Amerika yang Memiliki Populasi Masyarakat Muslim Terbesar. Source: Wikipedia

Setelah informasi-informasi dirasa sudah cukup, kemudian iklan facebook jalan. Waktu itu diputuskan untuk running 4 iklan dengan 4 interest berbeda, yaitu Islam for kids, Nouman Ali Khan, Bayyinah, dan Hadith dengan modal $20. Hasilnya, engagement iklan lumayan memuaskan.

Ini iklan Facebook yang digunakan
Ini iklan Facebook yang digunakan

Hasil jualan di Teespring

Jualan Kaos di Teespring
Pecah Telor, 20 Kaos Laku

Yap, begitulah singkat cerita pecah telor jualan kaos di teespring. Pengalaman yang sangat menarik, ilmunya benar-benar luar biasa (thank you Albert Leonardo). Terutama ketika dikonversi ke bisnis NEO Digital. ROInya berkali-kali-kali-kali limpat. Sedangkan budget yang dikeluarkan saat itu untuk belajar webinar sekitar Rp900ribuan (lupaa berapa tepatnya).

 

Pelajaran yang menarik untuk dipahami

  1. Untuk para Graphic Designer, sebenarnya ini peluang bagi kalian. Desain yang saya buat saja bisa laku (ala kadarnya, saya bukan designer), apalagi dengan karya yang kalian buat, tentu hasilnya akan lebih baik. Yang perlu kalian siapkan cuma belajar riset niche market dan belajar iklan facebook ads.
  2. Ilmu yang dipelajari bisa membawa rezeki di banyak peluang usaha, tergantung kita mau memanfaatkannya atau tidak. Jujur, saya tidak fokus ngejalanin usaha di teespring karena main focus saya ada di NEO Digital. Jadi uji coba di teespring adalah usaha saya untuk mendalami iklan facebook dan mempelajari usaha yang dilakukan oleh teespring. Hasilnya sangat luar biasa yang saya dan tim rasakan di NEO Digital. Banyak case study yang kita garap bersama client dan hasilnya sangat luar biasa terhadap pertumbuhan salesnya.
  3. Peluang usaha itu banyak asal mau diseriusin dan fokus. Banyak orang sukses dengan hanya fokus ngejalanin usaha di teespring. Ada juga yang sukses ngejalanin usaha sebagai dropshipper aliexpress. Ada juga yang jualan desain di themeforest ataupun hanya sekedar affiliate marketeer disana.
  4. Jangan pelit untuk berinvestasi leher keatas. Yakin bahwa ilmu akan berbanding lurus dengan rezeki. Semakin banyak ilmu, semakin banyak juga hasil yang akan kita dapatkan. Jadi janganlah mencari rezeki, tapi carilah ilmu untuk menghasilkan rezeki.

 

P.S. Jika ada feedback positif, dipersilahkan isi komentar dibawah 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s