2 Peluang Usaha Rumahan Bermodalkan Hp dan Internet

peluang bisnis bermodalkan hp dan internet

Bermodalkan hp dan internet, Anda sudah bisa menjalankan bisnis dari rumah tanpa perlu khawatir ini dapat mengganggu aktifitas utama Anda. Tidak perlu modal uang yang besar, cukup tahu caranya dan konsisten menjalankannya, pasti keuntungan berbisnis akan Anda rasakan. Apa itu? berikut ulasannya.

1. Dropshipper

Usaha Dropship / Dropshipping
Usaha Dropship / Dropshipping

Salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan dari rumah adalah usaha dropshipping (orang yang melakukannya disebut dropshipper). Kegiatan seorang dropshipper sama seperti yang dilakukan oleh makelar, bedanya ini terjadi di media online. Sebagai contoh, Anda ingin berbisnis baju anak. Kemudian, Anda mencari distributor di marketplace, sebagai contoh di tokopedia. Setelah mencari, dapatlah toko baju anak yang bernama calulla. Anda kontak orang yang punya toko dan mengajukan diri untuk menjadi dropshipper mereka, dimana Anda diperbolehkan menggunakan foto-foto produk mereka untuk Anda jual kembali dan jika nanti ada pesanan masuk, maka mereka akan mengirim barang ke customer tetapi atas nama Anda, bukan atas toko mereka. 

Contoh: Toko Baju Anak Di Tokopedia
Contoh: Toko Baju Anak Di Tokopedia

Jika mereka mengizinkan Anda untuk menjadi dropshipper, maka saatnya Anda untuk mulai melakukan penjualan. Jika tidak, Anda cari toko lain sampai dapat. Terlihat harga mereka Rp21.000 dengan minimum beli 12 pcs. Anda bisa jual dengan harga Rp26.000/pcs sehingga margin yang diterima sebesar Rp5.000/pcs. Cara paling gampang, Anda bisa tawarkan teman-teman Anda melalui Whatsapp, Line, FB Massanger, ataupun BBM. Atau cara lain, Anda bisa buat online shop di Instagram. Undang sebanyak mungkin teman-teman yang memiliki Anak untuk follow akun Anda. Manfaatkan juga aplikasi auto follow tertarget sesuai dengan market Anda. Sebagai contoh, Anda bisa auto follow ke setiap orang yang menjadi follower akun instagram “toys kingdom” atau juga akun instagram “Pampers Indonesia” atau lainnya (bisa Anda explore sendiri, yang penting ada kemiripan dengan calon customer Anda). Contoh aplikasinya yaitu automatgram.

Contoh aplikasi web yang mempermudah Anda berbisnis di Instagram
Contoh aplikasi web yang mempermudah Anda berbisnis di Instagram

Dengan berbisnis dropshipping, Anda tidak perlu keluar modal yang besar, yang penting Anda memiliki Hp dan koneksi internet serta konsisten untuk memasarkan produk setiap hari.

2. Reseller

Kalau dropshipper itu sebatas makelar, alias dia tidak punya stock barang dan tidak melakukan pengiriman barang. Nah untuk reseller, dia urus semua dari stock barang sampai pengiriman. Dia harus beli barang dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan harga grosir, sehingga ketika dia jual kembali, harga bisa kompetitif di pasaran dan menikmati margin keuntungan.  Ada banyak distributor-distributor produk yang menawarkan program reseller, salah satunya adalah muniraku.com, distributor jilbab. Disana,  mereka menawarkan beberapa paket reseller dengan margin keuntungan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, kalau paket silver dengan minimal belanja Rp360.000, Anda akan mendapatkan potongan harga 20%. Paket Gold dengan minimal belanja Rp2.000.000, Anda akan mendapatkan potongan harga 25%. Paket Diamond dengan minimal belanja Rp6.000.000, Anda akan mendapatkan potongan harga 30%.  Sebagai percobaan, Anda ambil yang paling murah paket silver, keutungan yang bisa Anda dapatkan jika menjualnya kembali bisa sebesar 20%, atau paling tidak 10-15% jika Anda ingin ada gimmick discount ketika Anda menjual ke orang lain.

Contoh Distributor Jilbab Yang Mneawarkan Program Reseller
Contoh Distributor Jilbab Yang Mneawarkan Program Reseller

Keutungan lainnya sebagai reseller adalah Anda tidak perlu repot dalam produksi alat marketing, contohnya foto produk beserta modelnya. Biasanya distributor sudah menyediakannya, tinggal Anda pakai saja. Selain itu, distributor yang baik juga menawarkan seminar gratis bagaimana menjual produk dengan cepat, tutorial menjalani bisnis online, cara memasarkan produk secara online melalui instagram dan facebook bagi para resellernya serta support lainnya agar Anda berhasil dalam mendulang uang lewat program resellernya. Disini banyak ilmu yang Anda dapat pelajari dan case study yang beraneka-ragam yang mungkin tidak akan Anda jumpai jika menjalani bisnis lain.

Contoh Salah Satu Reseller Jilbab Munira di Instagram
Contoh Salah Satu Reseller Jilbab Munira di Instagram

Silahkan Anda pilih yang mana yang ingin Anda coba. Terpenting adalah Anda harus melakukannya, tak cukup hanya dipikirkan saja. Ada banyak orang sukses berbisnis sebagai dropshipper ataupun reseller produk, dan ini tidak menutup kemungkinan terjadi di diri Anda asal mau melakukannya dan konsisten.

 

P.S. Jika ada feedback positif, dipersilahkan isi komentar dibawah 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s