Jika Kamu Berbuat Salah, Segeralah Mengatasinya

Jika Kamu Berbuat Salah, Segeralah MengatasinyaKetika kamu menyadari ada suatu yang salah dengan apa yang kamu telah perbuat, serumit apapun kesalahan itu, maka segeralah untuk mengatasinya, dan jangan coba-coba untuk mengindar. Kamu harus mencoba dan menghadapinya sesulit apapun itu karena dengan itu kamu dapat bernapas lega. Coba bayangkan jika masalah itu terus berjalan, tentu ini akan menjadi bom waktu buat kamu serta akan terus menjadi beban yang tidak akan pernah selesai.

Lalu apa yang harus kamu lakukan pertama kali? Lakukan identifikasi masalah dan buatlah langkah-langkah proses pemecahan masalah itu. Jika permasalahan kamu adalah merugikan orang lain sehingga dia kurang respect terhadap kamu, maka yang perlu dilakukan adalah berbicara dari hati ke hati, dan minta pendapat dia apa tentang kamu dan apa yang harus diperbaiki. Jika memang ada kesalahan yang kamu perbuat, minta maaflah dengan tulus dan diskusilah bagaimana caranya agar kesalahan tersebut tidak terjadi lagi.

JIka itu adalah masalah personal, beda lagi jika masalah itu terjadi pada lingkungan kerja. Jika kamu merasa ada yang salah dengan cara berkerja kamu, maka kamu harus bicarakan hal ini dengan tim, mintalah pendapat mereka. Jika kesalahan memang terjadi, bersikaplah gentle dengan meminta maaf dan diskusi bersama apa yang harus dilakukan dan mintalah pendapat mereka apa yang mereka mau, ambil keputusan yang berimbang, agar visi menjadi sama.

Sering kali kamu tidak menyadari bahwa kamu berbuat salah, maka dari itu rajin-rajinlah minta pendapat dari orang terdekatmu untuk mengoreksi tentang kamu terutama mengenai apa yang salah dari kamu. Dengan itu kamu tahu apa yang harus segera dibenarkan dan kamu dapat menjadi orang yang lebih baik lagi.

“Pengalaman pribadi”.

@mirfagahiqbal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s