Laptop Bisa Jadi Sumber Uang, Manfaatkan!

Ayo manfaatkan laptop
Ayo manfaatkan laptop

Kata siapa dengan hanya punya laptop dan koneksi internet gak bisa menghasilkan uang?. Dulu mungkin aja gak bisa ketika jaman internet belum ada. Sekarang itu semua bisa mungkin. Cukup dengan berpikir kreatif dan eksekusi yang cepat, laptop bisa jadi ATM pribadi.

Saya sedikit bingung ketika banyak orang memiliki laptop tapi tidak kepikiran untuk mengoptimalkannya sedemikian mungkin untuk menghasilkan uang padahal mereka bertanya-tanya, enaknya bangun bisnis apa ya? tapi saya gak punya modal. Laptopnya hanya digunakan untuk dengerin lagu, nonton film (Kdrama bisa jadi :D), dan sekedar facebook-an or twitteran. Alhasil, bukannya produktif malah terus morotin tiap bulan karena harus beli dvd dan koneksi internet. Ini juga masukkan buat mahasiswa yang mengalami kesulitan uang bulanan. Coba rethinking. Jangan terlalu jauh, cukup pikirkan dulu hal-hal apa yang bisa dimanfaatkan di sekitar kamu. Terlebih ya laptop.

Ada banyak yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang melalui lapto (baca juga ulasan peluang usaha rumahan bermodalkan hp dan internet). Salah satu contoh, kamu seorang blogger dan suka nulis. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghasilkan uang dari situ, seperti menjadi penulis lepas, endorser brand-brand produk, product reviewer, dan banyak lagi (coba telusuri sendiri.. :)). Seperti saya di kantor. Saya selalu mencari blogger untuk membantu saya membuatkan tulisan untuk mendukup project digital marketing yang sedang saya tangani. Bayarannya bulanan dan sistem kontrak (kalau bagus, bisa saya pakai terus menerus. Bahkan ada yang sudah 2 tahun). Lumayan, kerja hanya nulis dan dapat uang. Contoh lain, kamu seorang maniak social media. Tanpa hari tanpa social media. Pokoknya always update status. Nah jika kamu kepikiran untuk memanfaatkan hobi kamu itu untuk menghasilkan uang, itu bisa saja. Kamu bisa jualan online dengan sistem dropship ( stock produk serta pengiriman dilakukan oleh yang punya produk, kamu hanya memasarkan saja), menjadi social media admin untuk brand orang lain (lihat facebook fanspage- facebook fanspage brand terkenal, kebanyakan mereka menggunakan social media admin dari luar), atau juga kamu bisa bangun facebook fanspage dengan tema yang disukai oleh banyak orang. Sebagai contoh tutorial hijab, tips diet sehat, atau tema-tema lainnya yang memancing banyak orang untuk gabung dan mengikuti setiap informasi yang kamu publish. Nah, jika sudah banyak yang gabung, bisa saja kamu menjadi endorser untuk brand tertentu atau juga menjualnya. Banyak kok yang mau membelinya.

Nah, jangan bingung ketika kamu ingin berbisnis/menghasilkan uang tapi tidak ada modal. Ayo manfaatkan laptop agar lebih produktif. Intinya berpikirlah kreatif di segala keterbatasan. Semuanya bisa dimanfaatkan asal kita mau dan langsung mengerjakannya. Jadikan laptop menghasilkan uang untuk kamu, setidaknya untuk bayar koneksi internet perbulan dan hobi membeli DVD korea.. hehehe πŸ™‚

Best regards

@mirfagahiqbal

21 Comments

    1. Klu menurut saya, jadi blogger fokus pada 1 topik. Misal otomotif, bikin artikel ttg otomotif. Gak lupa bikin review ttg produk itu. Bnykin visitor, bila perlu SEOin.

      Bikin akun linkedin. Add ini orang2 agency and orang marcomm industri otomotif. Manfaatin linkedin seoptimal mungkin. Aktif di acara2 meetup tech or marketing gathering untk nambah relasi.

      Bisa dicoba caranya. πŸ˜€

  1. min saya kan masih kls 1 smk
    saya pengen deh laptop saya ini jadiin yg menghasilkann uang
    tapi sepeti yg mimin bilang tadi jadi bloger salah satunya…
    yg saya pengen tanya kalo yang seumuran saya bagus nya tentang apa ya min yang ingin saya post agar bisa menghasilkan,, saya sih aga ragu” min…
    mohon bantuaannya ya πŸ™‚

    1. Bagusnya kalo mw buat Post itu dali Keahlian Min. misalnya Mimin ahli di bidang memasak maka mimin post aja cara memasak dan takaran bumbunya

    2. Tergantung minatnnya apa? banyak hal yang bisa dilakukan. Kalau hobi dagang, ya bisa jualan online, bisa manfaatin Instagram atau Facebook. Kalau hobi nulis, coba bikin blog dengan topik tertentu. Bisa berangkat dari hobi. Jika rutin nulis dan sudah banyak visitornya, bisa buka layanan iklan atau jasa review, dll.

  2. saya mau buka usaha cuma alatnya hanya punya 1 laptop, rencana mau buka cetak foto kecil kecilan tapi masi butuh printer dan harga printer lumayan mahal.. butuh masukan bisnis apa yang cocok dengan modal 1 laptop

    1. Paling gampang dengan modal 1 laptop. kamu bisa buka jasa cetak kartunama atau juga kartu undangan online. Modal tambahan yang kamu harus miliki adalah skill ngedesain, atau jika tidak memiliki kemampuan itu, bisa manfaatkan canva.com. Nanti untuk pencetakan, bisa kerjasama dengan pihak lain yang bisa memberikan margin lebih terhadap usaha kamu.

  3. Hallo Ka, aku kan hobby nulis cerpen gitu, niatnya si pengen buat blog. Tapi aku bingung bagaimana menghasilkan uangnya, sedangkan orang cuma baca. Aku gatau uang itu bsa datengnya dri mana TvT?

  4. Sebenarnya ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari Laptop, gak juga harus jago nulis. Contoh beberapa peluang usaha yang bermodalkan laptop, handphone, dan koneksi internet:
    1. Reseller Produk. Kamu bisa cari distributor2 product secara online, bisa cari di marketplace kayak tokopedia, bukalapak ataupun online2 shop di Instagram. Lalu, daftarkan diri ke mereka untuk menjadi reseller untuk mendapatkan harga miring, yang kemudian kalian bisa jual kembali produknya dengan memanfaatkan foto2 produk mereka via instagram ataupun facebook.

    2. Blogger. Jika kamu jago nulis, buatlah blog dengan niche market tertentu. Misal, kamu bikin blog travelling, maka tulislah seputar dunia travelling dan konsisten 1 minggu min 1 artikel. Jika sudah banyak artikel, dengan sendirinya blog kamu akan banyak pengunjung. Dengan itu, kamu bisa tawarkan diri ke perusahaan2 yang menyangkut jasa travelling untuk mengulas produk mereka di blog kamu dengan penawaran harga tertentu. Contoh perusahaan yang bisa diajak kerjasama seperti traveloka.com, tiket.com, hotel2, restaurant2 di dekat tempat wisata, dll.

    3. Jasa penulisan. Selain itu, jika kamu pandai menulis, kamu bisa layanan jasa penulisan artikel. Tawarkan diri ke digital agency2 ataupun portal-portal website.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s